ARAH KEBIJAKAN PEMBANGUNAN DESA

  05 April 2017  |  DESA BLAMBANGAN

Pembangunan Desa Blambangan ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Yang ditunjukan oleh membaiknya berbagai indikator pembangunan sumber daya manusia, antara lain meningkatnya pendapatan perkapita. Menurunya angka kemiskinan dan pengangguran sejalan dengan pertumbuhan ekonomi yang berkualitas disertai dengan berkembangnya tingkat pendidikan masyarakat yang didukung dengan pelaksanaan sistem pendidikan nasional yang mantap. Meningkatnya derajat kesehatan dan status gizi masyarakat, meningkatnya kesetaraan gender dan menurunya kesenjangan kesejahteraan antar induvidu, antar kelompok masyarakat.

 

Untuk mencapai tujuan diatas, permasalahan yang dihadapi :

 

Pertama, Terbatasnya anggaran pembangunan desa.

 

APBDes Desa Blambangan Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi masih tergantung dengan dana perimbangan dari daerah. Untuk tantangan yang dihadapi adalah singkronisasi pembangunan disetiap bidang sehingga kegiatan di setiap bidang saling terpadu, mendukung dan saling memperkuat. Anggaran yang terbatas harus dipastikan bahwa disetiap pembangunan memiliki komitmen yang kuat pada pencapaian sasaran visi – misi pembangunan desa. Untuk mencapai sinergi tersebut melalui proses komunikasi, konsultasi dan koordinasi serta pemangku kepentingan dengan mengedepankan keberhasilan bersama dalam pencapaian sasaran pembangunan.

 

Kedua, Ketersediaan Infrastruktur yang terbatas.

 

Pembangunan infrastruktur mempunyai peran sangat strategis untuk percepatan pertumbuhan ekonomi. Revitalisasi pertanian tidak mungkin berhasil tanpa infrastruktur yang memadai, mengingat biaya pemasaran makin dominan dalam struktur biaya akhir suatu komoditas pertanian. Keluarga miskin tidak akan mampu ikut dalam gelombang pertumbuhan ekonomi jika terisolasi akibat ketiadaan infrastruktur. Walaupun belanja dalam bidang infrastruktur terus dipacu namun masih belum cukup untuk mengatasi kesenjangan infrastruktur itu sendiri.

 

Ketiga, Adanya kesenjangan antar wilayah dan antar kelompok masyarakat

 

Pertumbuhan perekonomian harus tersebar  ke seluruh wilayah, terutama yang masih memiliki tingkat kemiskinan yang cukup tinggi. Pertumbuhan di seluruh wilayah perlu memperhatikan keterkaitan terhadap pelaku dan sumber daya lokal sehingga masyarakat lebih banyak berperan di dalamnya dan ikut menikmati hasil pertumbuhan, sekaligus nilai tambah yang dinikmati di daerah – daerah. Untuk mengurangi kesenjangan antar pelaku usaha, pertumbuhan ekonomi yang tercipta harus dapat memberikan kesempatan kerja seluas-seluasnya dan lebih merata ke sektor – sektor pembangunan, yang banyak menyediakan lapangan kerja. Usaha mikro, kecil dan menegah, diharapkan juga dapat tumbuh dan berkembang dengan sehat agar dapat meningkatkan produktivitas dan daya saing yang lebih baik. Harapan itu bisa dicapai jika masyarakat dibekali dengan keahlian, kompetensi, kemampuan untuk bekerja (employable) dan disiapkan untuk menghadapi persaingan global dalam pasar kerja. Pendidikan saja tidak cukup, karena pada kenyataannya masih banyak pekerja yang mempunyai pendidikan belum siap untuk memasuki pasar kerja.

 

Keempat, Keterbatasan Kapasitas dan Kualitas Lembaga – lembaga desa yang ada.

 

Keberhasilan proses pembangunan tergantung pada kualitas birokrasi/lembaga – lembaga desa yang ada. Pada saat ini kualitas birokrasi Pemerintahan Desa perlu ditingkatkan untuk menghadapi, meningkatkan kinerja dan citra pelayanan publik. Jika pelayanan publik sudah bisa dipercaya oleh masyarakat , maka dengan sendirinya masyarakat akan selalu ikut serta berperan aktif disetiap program pembangunan di desa. Sehingga keberhasilan pembangunan akan lebih bisa mencapai sasaran dan searah dengan visi-misi yang ada.

 

Contact Details

  Alamat :  
  Email :
  Telp. :
  Instagram :
  Facebook :
  Twitter :


© 2019,   Web Desa Kabupaten Banyuwangi